How To Play Guitar Bass Technique for Beginner With Tablature 



Kecenderungan saat ini, orang mencari cara termudah dan tercepat  dalam belajar bermain musik, termasuk gitar bass. Gitar bass merupakan salah satu instrumen musik yang sangat penting peranannya dalam memberikan nuansa alunan musik dengan nada lebih rendah sebagai pengisi dan pemberi tempo nada. Untuk mempercepat teknik dalam bermain bass tentunya kita harus tahu basic - basic dalam bermain gitar bass. Berikut penjelasannya:


Teknik gitar bass sebenarnya sama dengan teknik bermain gitar biasa yaitu mempunyai:


1. Strumming Technique yaitu teknik pemetikan gitar.
2. Scale Technique yaitu peta nada antara fret 1 ke fret yang lainnya
3. Chord Technique yaitu gabungan dari dua nada atau lebih dalam satu suara





Strumming Technique

Teknik Strumming dibagi menjadi beberapa bagian yaitu:
  • Alternate Picking: teknik ini biasa disebut fingering yaitu teknik ini sangat sering dimainkan oleh semua bassist dan termasuk hal yang mendasar dalam bermain bass yaitu dengan cara memetik bass dengan dua jari atau sampe 4 jari secara bergantian.
  • Up Down Thumb, teknik strumming ini biasanya menggunakan jempol untuk memetik string bass. Teknik ini biasanya sering dimainkan oleh Thomas Gigi, Victor Wooten، dll.
  • Slaping dan Poping, teknik Slap adalah cara memainkan bass dengan cara jempol seperti menampar string bass. Jika anda sering mendengarkan lagu - lagu dari Red Hot Chili papper mungkin anda akan kenal dengan teknik ini. Popping adalah teknik bermain bass dengan cara menarik string lalu melepaskannya dengan cepat sehingga string beradu dengan fret. Teknik Poping ini biasanya sering dikombinasikan dengan slap untuk mendapatkan karakter suara bass yang unik. Teknik Slap dan Pop ini biasanya digunakan untuk aliran musik Funky, Jazz, Blues, Rock dan lainnya.

Penulis : Joshua Panjaitan ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel ini dipublish oleh Joshua Panjaitan pada hari Kamis, 03 Januari 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan
 

0 komentar:

Posting Komentar